Thursday 13 October 2016

Makalah Tentang Zakat

Pengertian Zakat

Kata “zakat” ialah nama bagi sesuatu yang dikeluarkan manusia muslim dan termasuk hak Allah SWT kepada orang fakir. Bagian itu dinamakan “zakat” karena terdapat padanya harapan hendak mendapat berkat, membersihkan jiwa, dan mempertumbuhkannya dengan amal-amal yang lebih baik. Kata itu berasal dari “Azzkatu” yang berarti bertambah, bersih, dan mendapat berkat Allah SWT. Dalilnya:

Artinya: 
“Pungutlah (hai muhammad!) sebagian harta mereka (umat islam) zakat, untuk menyucikan (kotoran harta) dan membersihkan (kotoran jiwa) mereka!”. 


Makalah zakat


Zakat merupakan rukun islam yang kelima. Kata itu disebut berdekatan dengan shalat dan 82 ayat alqur’an. Dasar wajib mengeluarkan zakat ditetapkan Allah SWT di dalam ayat Alqur’an, hadis Rasul SAW, dan ijma’ Ulama’ Islam, antara lain ialah:

“pada waktu rasul Saw mengutus Mu’adz bin jabal ke Yaman jadi Gubernur, maka beliau memberikan pengarahan kepadanya, “nanti engkau akan bertemu dengan segolongan Ahli Kitab. Ajaklah mereka itu agar masuk islam bersyahadatkan ‘Laailaaha, illal laah’ dan Asyhadu anna Muhammadar rasulullah,’, bila mereka mau, maka beritahukanlah, bahwa Allah SWT telah memerintahkan agar mereka mengerjakan salat yang lima waktu dalam sehari semalam. Bila mereka mau, maka ajarkan bahwa Allah SWT mewajibkan agar mereka mengeluarkan zakat dari harta mereka. Zakat itu dipungut dari orang kaya dan dibagikan kepada orang fakir mereka. Bila mereka mau, maka hendaklah engkau jaga kehormatan harta mereka! Hindarkanlah dirimu dari do’a orang yang teraniaya, karena tidak ada batas antara do’anya itu dengan Allah!”. 

Zakat mempunyai fungsi yang penting dalam system ekonomi sehingga di dalam alqur’an disebutkan sebanyak 82 ayat setelah perintah sholat, sehingga zakat merupakan satu-satunya rukun islam yang diwajibkan atas harta kekayaan seseorang menurut aturan tertentu. Zakat bukanlah pajak yang merupakan sumber pendapatan Negara. Karena itu keduanya harus dibedakan. Zakat sebagai sumber dana masyarakat islam besar sekali manfaatnya apabila dikelola dengan manajemen yang baik dan dilaksanakan  bersama dengan nilai instrumen lainnya, yaitu pelarangan riba.

Tertarik dengan Makalah zakat ini? Langsung saja menuju link download di bawah ini. Semoga dapat bermanfaat. 

Download



Advertiser

Komentar yang mengandung sara, pornografi, tidak sesuai dengan pembahasan, memasukan link aktif, dan bersifat merugikan orang lain akan dihapus. Terima kasih telah berkomentar.
EmoticonEmoticon