Sunday 20 April 2014

Makalah Program Linear Analisis Primal dan Analisis Dual

Makalah Program Linear Analisis Primal dan Analisis Dual - Setiap persoalan program linier selalu mempunyai dua macam analisis, yaitu Analisis Primal dan Analisis Dual yang biasanya disebut “Analisis Primal-Dual”. Dalam perjalanannya teknik linier programming mengalami perkembangan dan penyempurnaan, sehingga dapat ditemukan berbagai kelebihan-kelebihan yang berguna dalam penerapan teknik ini. Salah satu manfaatnya yaitu dalam dunia Linier Programing yang digunakan sebagai alat analisa dan pengambilan keputusan. Teknik tersebut dikenal dengan teori dualitas.

Program Linear Analisis Primal dan Analisis Dual

Menurut teori ini, setiap persoalan linier programming saling berhubungan timbal balik dengan persoalan linier programming yang lain yang merupakan “dual”nya. Hubungan timbal balik antara suatu persoalan linier programming yang asli (disebut primal) dengan persoalan linier programming yang lain (dual), akan menimbulkan manfaat berupa memudahkan orang dalam mengkaji suatu perhitungan dalam linier programming.

Makalah Program Linear Analisis Primal dan Analisis Dual

Dalam perkembangan algoritma simpleks sudah lama ditemukan bahwa setiap pemrograman linier mempunyai hubungan dengan pemrograman lain dan dikenal dengan Dual. Solusi dari salah satu persoalan ini dapat dibentuk menjadi solusi yang lain. Penemuan pemrograman linier dual ini sangat berpengaruh terhadap dua problema yang terkait dengan metode komputasi dan juga pengembangan pemrograman linier, disamping itu juga sangat berpengaruh terhadap pengembangan metode optimisasi yang lain. Hubungan antara pemrograman linier dengan dualnya dapat ditunjukkan pada beberapa kasus yang juga sangat penting bagi informasi ekonomi yang diuraikan melalui pemrograman linier.

Dualitas adalah sebuah konsep dalam pemrograman linier yang menjelaskan secara matematis bahwa sebuah kasus pemrograman linier terdiri dari masalah primal dan dual dan konsep ini berguna untuk menginterpretasikan angka – angka yang terdapat pada tabel optimal dari masalah primal. Dalam penyelesaian persoalan linier dengan membentuk formulasi terlebih dahulu sudah dikenal dengan istilah primal, sedangkan penyelesaian persoalan melalui dual sebagai pemrograman linier merupakan penyelesaian pada variabel yang ditambahkan pada fungsi-fungsi kendala yang sudah disusun sebagai pengenal dari variabel dual.

Untuk men-Download makalah lengkapnya, klik link "Download" di bawah ini. Semoga bermanfaat.











Advertiser

1 komentar:

Komentar yang mengandung sara, pornografi, tidak sesuai dengan pembahasan, memasukan link aktif, dan bersifat merugikan orang lain akan dihapus. Terima kasih telah berkomentar.
EmoticonEmoticon