Friday 18 April 2014

Makalah Belajar dan Faktor yang Mempengaruhi Aktivitas Belajar Siswa

Makalah Belajar dan Faktor yang Mempengaruhi Aktivitas Belajar Siswa - Adanya perubahan paradigma pendidikan saat ini menuntut adanya perubahan proses pembelajaran di dalam kelas. Peran guru saat ini diarahkan untuk menjadi fasilitator yang dapat membantu siswa dalam belajar, bukan sekedar menyampaikan materi saja. Guru harus mampu melibatkan siswa dalam kegiatan pembelajara secara optimal. Menurut Rusman (2011: 323) pembelajaran akan lebih bermakna jika siswa diberi kesempatan untuk berpartisipasi dalam berbagai aktivitas kegiatan pembelajaran, sehingga siswa mampu mengaktualisasikan kemampuannya di dalam dan di luar kelas.

Aktivitas Belajar Siswa

Tugas utama seorang guru adalah membelajarkan siswa. Hal ini berarti bahwa bila guru mengajar, maka diharapkan siswa mampu mengikuti kegiatan pembelajaran tersebut dalam arti lain siswa ikut berperan aktif. Sebagai guru yang professional, hendaknya guru memilih metode dan media yang tepat untuk digunakan anak dalam belajar. Guru juga harus mengerti segala aktivitas yang dilakukan muridnya karena sebagian besar waktu seorang guru adalah bersama muridnya. Jika ada aktivitas belajar anak yang kurang sesuai guru mengarahkan dan membimbing siswanya kepada aktivitas belajar yang dikehendaki.
aktivitas belajar anak

Seorang guru juga harus tahu apa keinginan siswanya dan faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi anak dalam aktivitas belajarnya. Karena dengan demikian, guru dapat menyusun strategi yang tepat untuk pembelajarannya dan secara otomatis apa yang menjadi tujuan pembelajaran dapat tercapai secara maksimal. Oleh karena itu, dalam makalah ini dipaparkan secara jelas mengenai segala aktivitas tentang belajar serta faktor-faktor yang mempengaruhinya.

Mau lihat makalah selengkapnya? Klik link Download di bawah ini.
















Advertiser

Komentar yang mengandung sara, pornografi, tidak sesuai dengan pembahasan, memasukan link aktif, dan bersifat merugikan orang lain akan dihapus. Terima kasih telah berkomentar.
EmoticonEmoticon