Friday 14 November 2014

Makalah Perencanaan Pembelajaran dan Pengajaran

Makalah Perencanaan Pembelajaran dan Pengajaran - Proses pembelajaran merupakan siklus dari tiga tahapan, yaitu plan, do, dan reflection. Ketiga tahapan ini jika dilakukan secara berkelanjutan dan berbentuk spiral dengan ketiga tahapan tersebut sebagai tiang utama, maka kualitas pembelajaran akan meningkat sekaligus kualitas hasil belajar siswa juga akan meningkat. Ketiga tahapan tersebut merupakan siklous yang tidak dapat dipisahkan, perencanaan ditentukan oleh refleksi, refleksi menggunakan data yang dihasilkan dari pelaksanaan, dan pelaksanaan merupakan ekspresi dari perencanaan.

Perencanaan Pembelajaran dan Pengajaran

Dalam menyusun rencana pembelajaran, pertama-tama guru akan menentukan tujuan pembelajaran. Berdasarkan tujuan tersebut ditentukan cara mengajar (metode/strategi/metode/pendekatan/teknik) untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Guru juga menentukan cara menilai keterlaksanaan tujuan pembelajaran. Dalam melaksanakan pembelajaran menggunakan cara yang dipilih, akan ditentukan media, sumber belajar, alat dan bahan, yang diperlukan.

perencanaan-pembelajaran

Rencana pembelajaran yang disusun guru didasarkan tidak hanya pada standar isi semata (standar kompetensi dan kompetensi dasar) tetapi juga ada variabel lain yang dijadikan pertimbangan. Variabel-variabel yang juga menentukan mutu rencana pembelajaran adalah Data hasil belajar siswa, Refleksi siswa, Refleksi guru, Teori dan filosofi pembelajaran yang dikuasai guru, Konteks kurikulum, Temuan IPTEK terkini yang diketahui guru, Isu saat ini, Kondisi siswa, Kondisi sekolah. Dari 9 variabel di atas paling tidak ada tiga variable yang penting dan paling menentukan kualitas rencana pembelajaran, yaitu data hasil belajar siswa, refleksi siswa, dan refleksi guru.

Langsung saja menuju TKP jika teman-teman tertarik dengan Makalah Perencanaan Pembelajaran dan Pengajaran ini, teman-teman bisa mendownloadnya pada link download di bawah ini. Terakhir semoga dapat membantu dan bisa bermanfaat.














Advertiser

Komentar yang mengandung sara, pornografi, tidak sesuai dengan pembahasan, memasukan link aktif, dan bersifat merugikan orang lain akan dihapus. Terima kasih telah berkomentar.
EmoticonEmoticon