Friday 14 November 2014

Makalah Pengaruh Perubahan Kebijakan Pemerintah (Kurikulum) Terhadap Mutu Pendidikan

Makalah Pengaruh Perubahan Kebijakan Pemerintah (Kurikulum) Terhadap Mutu Pendidikan - Kebijakan (policy) secara etimologi (asal kata) diturunkan dari bahasa Yunani, yaitu “Polis” yang artinya kota (city). Dalam hal ini, kebijakan berkenaan dengan gagasan pengaturan organisasi dan merupakan pola formal yang sama-sama diterima pemerintah/lembaga sehingga dengan hal itu mereka berusaha mengejar tujuannya (Monahan dalam Syafaruddin, 2008: 75). Abidin (2006: 17) menjelaskan kebijakan adalah keputusan pemerintah yang bersifat umum dan berlaku untuk seluruh anggota masyarakat. Kebijakan adalah aturan tertulis yang merupakan keputusan formal organisasi, yang bersifat mengikat, yang mengatur prilaku dengan tujuan untuk menciptakan tata nilai baru dalam masyarakat.

Pengaruh Perubahan Kebijakan Pemerintah (Kurikulum) Terhadap Mutu Pendidikan

Kurikulum merupakan seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman untuk menggunakan aktivitas belajar-mengajar. Kurikulum dipandang sebagai program pendidikan yang direncanakan dan dilaksanakan dalam mencapai tujuan pendidikan. Apabila masyarakat dinamis, kebutuhan anak didikpun akan dinamis sehingga tidak tersaing dalam masyarakat, karena memang masyarakat berubah berdasarkan kebutuhan itu sendiri. Kurikulum juga sebagai pedoman mendasar dalam proses belajar mengajar di dunia pendidikan. Sebagai pedoman dalam dunia pendidikan, haruslah kurikulum dirancang dengan sebaik-baiknya.

Kebijakan Pemerintah (Kurikulum) Terhadap Mutu Pendidikan

Berhasil atau tidaknya suatu pendidikan, mampu tidaknya seorang anak didik dan pendidik dalam menyerap dan memberikan pengajaran, dan sukses tidaknya suatu tujuan. Bila kurikulumnya didesain dengan sistematis dan komprehensif serta integral dengan segala kebutuhan pengembangan dan pembelajaran anak didik untuk mempersiapkan diri mengahadapi kehidupannya, tentu hasil/output pendidikanpun akan mampu mewujudkan harapan. Tetapi jika tidak, kegagalan demi kegagalan akan terus menerus membayangi dunia pendidikan.

Pemerintah merupakan lembaga yang memiliki wewenang paling besar dalam sistem ketatanegaraan. Dalam wewenangnya tersebut pemerintah berhak memberi kebijakan-kebijakan atau keputusan-keputusan yang harus dipatuhi oleh masyarakatnya. Kebijakan pemerintah banyak macam-macamnya. Salah satunya kebijakan pemerintah untuk pendidikan. Namun, kebijakan-kebijakan pemerintah selalu berganti-ganti, bukan hanya dalam kebijakan pendidikan saja. Dan semua kebijakan itu tidak semuanya berjalan dengan apa yang diharapankan.

Jika teman-teman tertarik dengan makalah Pengaruh Perubahan Kebijakan Pemerintah (Kurikulum) Terhadap Mutu Pendidikan ini, bisa langsung menuju link download di bawah ini. Semoga bermanfaat.














Advertiser

Komentar yang mengandung sara, pornografi, tidak sesuai dengan pembahasan, memasukan link aktif, dan bersifat merugikan orang lain akan dihapus. Terima kasih telah berkomentar.
EmoticonEmoticon