Wednesday 26 November 2014

Makalah Pendekatan Antropologi Dalam Studi Islam

Makalah Pendekatan Antropologi Dalam Studi Islam - Studi Islam dalam artian kegiatan keilmuan sangatlah kaya nuansa sehingga dimungkinkan untuk dapat diubah, dikembangkan, diperbaiki, dirumuskan kembali, disempurnakan sesuai dengan semangat zaman yang mengitarinya, perubahan ini tidak perlu dikhawatirkan karena inti pemikiran keislaman yang berporos terhadap ajaran tauhid dan bermoralitas Al Qur’an tetap seperti adanya. (Abdullah, 1999: 102)

Pendekatan Antropologi Dalam Studi Islam

Studi Agama tidak cukup dipahami menggunakan pendekatan teologis normatif,  tapi  perlu  menggunakan  pendekatan-pendekatan  baru yang sesuai dengan perkembangan pemikiran, dinamika sosial bahkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Pemahaman terhadap agama saat ini mengalami pergeseran dari  Idealitas  ke  historisitas, dari doktrin ke sosiologis dan dari esensi ke eksistensi. (Abdullah, 1999: 9).

Memahami Islam dengan menggunakan berbagai pendekatan atau cara pandang disiplin suatu keilmuan adalah amat mungkin dilakukan, bahkan harus dilakukan karena Islam dengan sumber ajaran utamanya yang terdapat dalam Al Qur’an dan as Sunnah memang bukan hanya berbicara masalah akidah, ibadah, akhlak  dan  kehidupan  akhirat  saja,  melainkan berbicara tentang ilmu pengetahuan, teknologi, sejarah, sosial, pendidikan, politik, ekonomi, kebudayaan, seni dan lain sebagainya. (Al Ghazali , 1996: 29)

Namun  demikian,  perlu  dicatat  dan  digarisbawahi  bahwa penggunaan teori dan pendekatan tersebut bukan untuk menguji benar atau tidaknya aspek esensi ajaran Islam yang bersifat normatif, tetapi yang dijadikan obyek penelitian adalah berkenaan aspek lahiriah atau aspek pengamalan dari ajaran wahyu tersebut. (Nata, 2011: 202)

Makalah Pendekatan Antropologi Dalam Studi Islam

Oleh karena itu, antropologi sebuah ilmu yang mempelajari manusia, menjadi sangat penting untuk memahami agama. Antropologi mempelajari tentang manusia dan segala perilaku mereka untuk dapat memahami perbedaan kebudayaan manusia. Dengan dibekali oleh pendekatan yang holisik dan komitmennya tentang manusia, sesungguhnya antropologi merupakan ilmu yang penting untuk mempelajari agama dan interaksi sosialnya dengan berbagai budaya. (Baharun, 2011:234)

Dalam makalah ini penulis mencoba untuk mengelaborasi pendekatan antropologis dalam studi Islam dengan menitik beratkan kajian berkisar: pengertian pendekatan antropologi dan sejarahnya, pentingnya penerapan pendekatan antropologi dalam studi Islam, obyek serta cara pendekatan antropologi dalam studi Islam.







Advertiser

Komentar yang mengandung sara, pornografi, tidak sesuai dengan pembahasan, memasukan link aktif, dan bersifat merugikan orang lain akan dihapus. Terima kasih telah berkomentar.
EmoticonEmoticon