Wednesday 12 November 2014

Makalah Teori & Konsep Pengayaan dan Remedial Pembelajaran

Makalah Teori & Konsep Pengayaan dan Remedial Pembelajaran - Sudah lama kios makalah tidak share. Untuk memulainya lagi, kali ini kios makalah akan share makalah tentang Makalah Teori & Konsep Pengayaan dan Remedial Pembelajaran.

Langsung saja menuju TKP. Di bawah ini sekedar deskripsi seperti apa makalah Konsep Teori & Konsep Pengayaan dan Remedial Pembelajaran ini.

Teori & Konsep Pengayaan dan Remedial Pembelajaran

Pengayaan adalah kegiatan tambahan yang di berikan kepada siswa yang telah mencapai ketentuan dalam belajar yang dimaksudkan untuk menambah wawasan atau memperluas pengetahuannya dalam materi pelajaran yang telah dipelajarinya. Di samping itu pembelajaran pengayaan bisa juga diartikan memberikan pemahaman yang lebih mendalam dari pada sekedar standar kompotensi dalam kurikulum.

Teori & Konsep Pengayaan dan Remedial Pembelajaran

Dalam hal ini, Mukhtar dan Rusmini (2005) menyatakan bahwa kegiatan pengayaan merupakan kegiatan yang relatif bebas, karena bersifat memperluas, memperdalam, dan menunjang satuan pelajaran yamg diterapkan kepada para siswa yamg sudah mastery (tuntas) dalam belajar. Artinya kegiatan pengayaan ini bukanlah suatu kasus yang pelik sebagaimana kegiatan perbaikan yang dialami oleh siswa siswa yang belum mastery, yang disebabkan olehn kelambatan, kesulitan atau kegagalan dalam belajar.

Kegiatan pengayaan ini ada dua macam, yaitu :
  • Pengayaan horizontal yaitu upaya pemberian tugas sampingan yang akan memperkaya pengetahuan siswa mengenai materi yang sama, karena dalam suatu kelas, siswa dan teman-temannya yang memiliki perbedaan tingkat pengetahuan, mungkin akan merasa bosan atau  jenuh bila seorang guru tetap menerangkan bahan yang sudah di kuasainya.
  • Pengayaan vertikal yaitu kegiatan pengayaan yang berupa peningkatan dari tingkat pengetahuan yang sedang diajarkan ke tingkat yang lebih tinggi yang akan diajarkan, sehingga siswa maju dari satuan pelajaran yang sedang diajarkan ke-satuan pelajaran berikutnya menurut kemampuan dan kecerdasanya sendiri.
Jika teman-teman tertarik dengan makalah ini. Jangan terlalu khawatir, teman-teman bisa langsung mendownload makalah Makalah Teori & Konsep Pengayaan dan Remedial Pembelajaran secara lengkapnya pada link di bawah ini. Semoga bermanfaat.












Advertiser

Komentar yang mengandung sara, pornografi, tidak sesuai dengan pembahasan, memasukan link aktif, dan bersifat merugikan orang lain akan dihapus. Terima kasih telah berkomentar.
EmoticonEmoticon