Wednesday 29 October 2014

Makalah Perencanaan Seni Mengajar Matematika

Makalah Perencanaan Seni Mengajar Matematika - Matematika adalah lukisan tentang alam raya ini. Keindahannya bisa memesona mata siapapun. Kesederhanaannya, keteraturannya, juga formula-formulanya yang menakjubkan, menjadikan matematika kian menawan. Seolah matematika adalah buku besar tentang semesta ini.

Sangat beralasan, jika matematika menjadi salah satu mata pelajaran yang wajib dipelajari selain pelajaran baca-tulis. Mempelajari matematika akan membuat kita seolah-olah sedang mengarungi samudera yang luas juga dalam. Matematika adalah samudera yang tidak akan pernah kering untuk dikaji, karena banyaknya fenomena di alam dunia yang menggunakan bahasa matematika.

Wajibnya mempelajari matematika ternyata tidak diimbangi dengan cara mengenalkan dan mengajarkannya kepada murid. Citra matematika sebagai mata pelajaran yang mengerikan ditambah proses pembelajaran yang monoton menjadikan murid menjauhinya. Hal ini disebabkan guru belum memahami hakikat dari matematika yang menyenangkan jika dikemas dan ditampilkan dalam bentuk yang menarik. Perlu adanya perencanaan yang matang dan penggabungan seni mengajar yang artistik dalam membumikan matematika.

Perencanaan Seni Mengajar Matematika

Seni Mengajar Matematika

Guru matematika sebagai salah satu titik tolak keberhasilan pendidikan harus berusaha keras untuk menyempurnakan keterampilan dalam seni mengajar untuk membekali murid dengan matematika yang sesuai dan matematika kontemporer. Keterampilan seni mengajar ini penting, khususnya untuk memotivasi murid, terutama dalam menghadapi murid-murid malas yang dijumpai setiap hari. Beberapa tahapan seni mengajar yaitu : 1) memulai pelajaran dengan cara yang menarik, seperti dengan pertanyaan yang menantang kemudian memberi tantangan lain ; 2) gunakan topik-topik sejarah, seperti anekdot tentang matematikawan, memanfaatkan internet untuk mencari sumber-sumber tentang matematika, juga pandangan para ahli tentang matematika ; 3) gunakan alat peraga secara efektif, seperti menara Hanoi, yang lebih sederhana dengan menggunakan seutas tali : 4) sediakan perlengkapan untuk penemuan oleh murid, macam-macamnya penemuan terbimbing dan penemuan kreatif ; dan 5) akhiri pelajaran dengan sesuatu yang istimewa, seperti dengan permainan 50, mathemagic, hasil pemikiran matematika yang keliru, ataupun soal minggu ini.

Langsung saja di bawah ini link download makalah Perencanaan Seni Mengajar Matematika jika teman-teman tertarik dengan makalahnya. Semoga bermanfaat.














Advertiser

Komentar yang mengandung sara, pornografi, tidak sesuai dengan pembahasan, memasukan link aktif, dan bersifat merugikan orang lain akan dihapus. Terima kasih telah berkomentar.
EmoticonEmoticon